gravatar

Pemerintahan Provinsi Manfaatkan ICT Untuk Efisiensi Kerja

Pemprov Sumsel saat ini mengembangkan sistem informasi online dengan memadukan teknologi komunikasi informasi (ICT) untuk semua kabupaten dan kota, Selasa (4/8). Hal ini untuk mengefisiensi biaya rapat koordinasi gubernur dengan kepala daerah. Karena mereka tidak lagi harus duduk satu meja tetapi cukup melalui telewicara/telekonfrens yang sudah dilengkapi video audiovisual.

Menurut Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, peluncuran program ICT ini sekaligus melakukan uji coba telewicara dengan Bupati Musi Banyuasin, Bupati Pagaralam, Kampus Bina Darma yang dilakukan secara online. Untuk program ini, Pemprov Sumsel melalui Dinas Perhubungan dan Infokom Sumsel mengalokasikan dana sebesar Rp 10 miliar. Hal ini sebagai pemenuhan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik sehingga akan lebih baik, transparan, dan kebijakan pemerintah dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita minta kepada kelapa daerah untuk menganggarkan dana untuk sektor ini di 2010 sehingga program ini benar-benar berjalan," kata Alex Noerdin.

Dan pada kesempatan tersebut Rektor Bina Darma, serta beberapa tamu undangan menyaksikan pembicaraan jarak jauh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan Bupati Muba HA Fahri saat Seminar dan Workshop information Technologi Master Plan juga sempat telekonferens dengan Bupati Papua yang tengah melakukan studi banding di Muba.